Demi Terwujud Pola Hidup Sehat, PR IPM SMAMIV Ciptakan Ide Unik Ini - Blog Karya Arek Suroboyo

Kamis, 14 Maret 2024

Demi Terwujud Pola Hidup Sehat, PR IPM SMAMIV Ciptakan Ide Unik Ini

*Semua foto berasal dari dokumen pribadi


SURABAYAUhuyy, Ramadhan telah tiba!. Umat Muslim sangat gembira menyambutnya, memenuhi bulan suci super berkah ini dengan perbuatan mulia. Dari Abu Hurairah RA., Rasulullah SAW bersabda, "Setiap amalan kebaikan yang dilakukan oleh manusia akan dilipatgandakan dengan sepuluh kebaikan yang semisal hingga tujuh ratus kali lipat. Allah Ta'ala berfirman, "kecuali amalan puasa. Puasa adalah untuk-Ku dan Aku yang akan membalasnya". (HR. Bukhari-Muslim)

Ketika bulan Ramadhan, seluruh pintu surga dibuka, pintu neraka ditutup, sampai para setan ikut dibelenggu. Sehingga, Ramadhan adalah kesempatan terbaik bagi pribadi kita supaya lebih dekat kepada Allah SWT, meningkatkan kualitas keimanan, dan memperbanyak amal ibadah.

Eitss walau sedang puasa, kesehatan fisik wajib selalu dijaga ya pembaca setia. Atur pola makan sehari-hari ditambah meluangkan diri untuk berolahraga ringan. Hal tersebutlah yang akhirnya mendasari pemikiran bidang ASBO (Apresiasi Seni Budaya dan Olahraga) PR IPM SMA Muhammadiyah 4 Surabaya (SMAMIV) dalam menyelenggarakan acara OwalahNgab pada Selasa, (12/3/2024). Wih, apaan tuh?

Sekedar informasi, nama OwalahNgab sendiri merupakan hasil gabungan kalimat "Olahraga Waktu Ngabuburit". Sesuai kepanjangannya, OwalahNgab sengaja diadakan menjelang waktu berbuka puasa agar ngabuburit kini tak sekedar berupa keliling mencari takjil saja, namun sembari menerapkan gaya hidup sehat melalui olahraga. "Olahraga nggak harus berat, yang penting bermanfaat" ujar sang Ketua Bidang, Ipmawan Ahmad Dani Darmawan.

 



Tepat setelah sholat ashar, seluruh anak IPM hadir berkumpul di lapangan. Sebuah laptop kecil dilengkapi sound speaker telah terpajang rapi di atas meja, siap dipakai memutar musik. Dipandu oleh anggota bidang ASBO, sukseslah agenda senam irama di sore hari yang cerah itu.

Usai senam, OwalahNgab dilanjut dengan permainan olahraga santai. Semua lelaki beralih membuat pertandingan bola tangan, sedangkan sebagian perempuan menjalankan pertandingan bulu tangkis. Wajah mereka tampak bahagia, menunjukkan harmonisnya silaturahmi antar sesama kader IPM SMAMIV. "Seneng plus seru banget karena bisa olahraga sama teman-teman, apalagi pas main bulu tangkis tadi" tutur Ipmawati Syifa Nurbaiti, selaku salah satu Sekretaris Bidang di IPM.




Sambil menunggu maghrib, alangkah indah jika momen tersebut diisi kegiatan positif sekaligus menambah pahala, layaknya mereka. Mengenakan baju Muslim, baik Ipmawan maupun Ipmawati kompak duduk melingkar di tengah aula, khusyuk membaca Al-Qur'an. Sungguh syahdu.

Adzan maghrib pun berkumandang. Sebelum buka puasa, setiap pelajar IPM melaksanakan sholat berjamaah terlebih dahulu. Barulah, mereka secara bersama-sama menikmati enaknya hidangan yang disuguhkan. Tentu suasana seperti ini akan senantiasa dikenang, sebab hanya ada sekali dalam satu periode kepemimpinan.

Berkat acara OwalahNgab, Dani berharap PR IPM SMA Muhammadiyah 4 Surabaya mampu menggunakan waktunya se-efektif dan se-produktif mungkin, tidak bermalas-malasan, serta tetap membiasakan pola hidup sehat saat puasa Ramadhan. "Semoga ke depan hubungan persaudaraan kita menjadi semakin dekat, dan semoga untuk program kerja selanjutnya dapat direncanakan lebih tertata, juga disiplin waktu" tutup Syifa kala diwawancarai.


Eh tunggu, baca pantun dulu dong...

Batok kelapa dibakar menjadi bara

Terbakar semua tidak tersisa

Wahai saudara seiman dan senegara

Saya ucapkan, selamat menunaikan ibadah puasa!. (*)


Penulis: Alessandra Maura Raihanna

Terimakasih telah mengunjungi blog ini. Nantikan selalu update berita dari kami.