Yuk Manfaatkan Waktu Liburan Sekolah dengan Bijak! - Blog Karya Arek Suroboyo

Senin, 25 Desember 2023

Yuk Manfaatkan Waktu Liburan Sekolah dengan Bijak!

*Semua foto berasal dari dokumen pribadi

SURABAYA – Halo kawan setia blog areknulis.blogspot.com, setelah melewati proses pembelajaran yang intensif, tidak terasa ya liburan sekolah telah tiba. Kalian sudah punya rencana apa nih yang mau dilakukan saat liburan? Eits tapi ingat, jangan sekedar rebahan aja di rumah ya, hehehe.  Mari manfaatkan waktu liburan yang singkat ini se-baik mungkin. Bagaimana caranya?

Salah satu yang bisa diterapkan yaitu merefleksikan diri kita, seperti berlibur atau berekreasi yang tujuannya melihat keindahan hamparan dunia yang diciptakan Allah SWT. Di jelaskan dalam firman Allah, surat Al-‘Ankabut (juz 20) ayat 20 yang berbunyi:

قُلْ سِيرُوا فِي الْأَرْضِ فَانْظُرُوا كَيْفَ بَدَأَ الْخَلْقَ ۚ ثُمَّ اللَّهُ يُنْشِئُ النَّشْأَةَ الْآخِرَةَ ۚ إِنَّ اللَّهَ عَلَىٰ كُلِّ شَيْءٍ قَدِيرٌ

Terjemahan: “Katakanlah: “Berjalanlah di (muka) Bumi, maka perhatikanlah bagaimana Allah menciptakan (manusia) dari permulaannya, kemudian Allah menjadikannya sekali lagi". Sesungguhnya Allah Maha Kuasa atas segala sesuatu”. 


Maksud ayat tadi ialah, niatkan perjalanan untuk bertadabbur, merenungkan segala ciptaan Allah SWT bahwa di balik ciptaan-Nya yang penuh keindahan, ada tanda-tanda yang menunjukkan kebesaran dan kekuasaan-Nya dalam mengatur segala aspek kehidupan di dunia. Hikmah dari perjalanan tersebut tak lain tak bukan tentu sebagai bentuk mendekatkan diri kepada Allah, Tuhan seluruh alam.

Selain memberikan kesempatan melihat indahnya alam yang telah Allah SWT ciptakan, liburan sekolah juga menjadi momentum menyambung tali silaturahmi. Melalui silaturahmi, kita dapat mempererat hubungan bersama keluarga, saudara serta kerabat yang mungkin sering diabaikan keberadaannya di tengah-tengah kesibukan. 

Sebagai manusia, pasti kita seringkali terfokus pada tugas sehari-hari dan kadang melupakan betapa pentingnya memberikan perhatian kepada orang-orang tersayang. Maka, ini saatnya waktu yang tepat menghabiskan waktu dengan mereka. Saling berbagi cerita, pengalaman, hingga kebahagiaan.

Barangkali sebagian berpikir kegiatan silahturahmi hanya berkunjung lalu menghabiskan waktu berbincang-bincang saja, namun bagi yang merasa terabaikan, tindakan silaturahmi yang sederhana bisa sangat berharga bagi mereka. Pada akhirnya, terbentuk ikatan emosional yang kuat, membangun kepercayaan, dan menciptakan hubungan yang penuh keharmonisan, tanpa adanya konflik antar keluarga atau saudara.

Silahturahmi mampu menjadi salah satu amalan yang mendekatkan diri kita menuju pintu surga, sesuai sabda Nabi Shallallahu 'Alaihi wa Sallam

يا أَيُّها الناسُ ! أَفْشُوا السلامَ ، و أطْعِمُوا الطعامَ ، وصِلُوا الأرحامَ ، وصَلُّوا بالليلِ والناسُ نِيَامٌ ، تَدْخُلوا الجنةَ بسَلامٍ

Terjemahan: “Wahai sekalian manusia, tebarkanlah salam, berilah makan, sambunglah silaturahmi, dan kerjakanlah salat pada waktu malam ketika manusia sedang tidur. Niscaya, kalian akan dimasukkan ke dalam surga dengan keselamatan”. (Lihat Shahihul Jaami’ no. 7865 karya Al-Albani) 


Fadillah (keutamaan) lain bagi seseorang yang menyempatkan diri menyambung tali silaturahmi agar tidak terputus yakni akan dilapangkan rezekinya dan diperpanjang umurnya oleh Allah SWT. Nabi Shallallahu 'Alaihi wa Sallam pernah bersabda:

مَنْ أَحَبَّ أَنْ يُبْسَطَ عَلَيْهِ فِي رِزْقِهِ وَأَنْ يُنْسَأَ لَهُ فِي أَثَرِهِ فَلْيَصِلْ رَحِمَهُ

Terjemahan: “Siapa yang ingin dilapangkan rezekinya dan dipanjangkan umurnya, maka hendaknya ia menyambung silaturahminya (dengan kerabat)”. (HR. Bukhari no. 5985 dan Al-Baihaqi dalam Syu’abul Iman no. 7571)


Nah, itulah beberapa kegiatan bermanfaat yang dapat diamalkan selama liburan. Jangan sampai waktu berlibur kita gunakan dengan melakukan hal yang tidak bernilai sama sekali, tetapi habiskanlah waktu untuk orang-orang terdekat, meningkatkan keimanan, serta mendekatkan diri kepada sang Kholiq.

Semoga, kita semua diberi kemudahan dalam melaksanakan seluruh kegiatan liburan yang sudah direncanakan. Yang terpenting, semoga kita selalu berada di bawah pelindungan dan rahmat Allah SWT. Aamiin ya rabbal alamin.

Selamat berlibur!. (*)


Penulis: Naufal Farras Abdillah

Editor dan pemilik blog: Alessandra Maura Raihanna

Terimakasih telah mengunjungi blog ini. Nantikan selalu update berita dari kami.