Jadikan Sabar dan Sholat Sebagai Solusi Segala Masalah - Blog Karya Arek Suroboyo

Kamis, 13 Juli 2023

Jadikan Sabar dan Sholat Sebagai Solusi Segala Masalah


 *Semua foto berasal dari dokumen pribadi


SURABAYA – Hai pembaca!. Bagaimana kabarnya selama liburan ini? semoga semua selalu sehat dan tetap semangat. Lalu, bagaimana pula kabar waktu sholat nya? apakah masih istiqomah lima waktu atau sudah mulai bolong-bolong? Hmm, walau kita sedang libur panjang, sholat lima waktu jangan sampai ditinggalkan ya.

Pembaca pasti sudah tahu bahwa sholat merupakan rukun Islam kedua yang sangat diutamakan setelah dua kalimat syahadat. Sholat yakni ibadah di dalam agama Islam yang wajib dilakukan bagi seorang Muslim yang telah baligh.

Sholat menjadi penanda utama status keimanan diri umat Muslim. Sholat, ibadah pertama yang akan dihisab saat hari kiamat kelak. Sholat juga disebut tiang agama, karena agama Islam tidak dapat berdiri kokoh kecuali dengan sholat. Dijelaskan di Al-Qur'an surat Al-Ankabut (juz 21) ayat 45:

 اُتْلُ مَآ اُوْحِيَ اِلَيْكَ مِنَ الْكِتٰبِ وَاَقِمِ الصَّلٰوةَۗ اِنَّ الصَّلٰوةَ تَنْهٰى عَنِ الْفَحْشَاۤءِ وَالْمُنْكَرِ ۗوَلَذِكْرُ اللّٰهِ اَكْبَرُ ۗوَاللّٰهُ يَعْلَمُ مَا تَصْنَعُوْنَ

Terjemahan: "Bacalah Kitab (Al-Qur'an) yang telah diwahyukan kepadamu (Muhammad) dan laksanakanlah sholat. Sesungguhnya sholat itu mencegah dari (perbuatan) keji dan mungkar. Dan (ketahuilah) mengingat Allah (sholat) itu lebih besar (keutamaannya dari ibadah yang lain). Allah mengetahui apa yang kamu kerjakan".


Dimanapun dan kapanpun kamu berada, jika sudah memasuki waktu sholat, maka segera kerjakan sholat. Hatimu sedang senang? sholat. Sedang bahagia? sholat. Sedang sumpek? sholat. Sedang sedih? sholat. Apalagi kalau sedang ada masalah, sholat dapat menyelesaikan segala bentuk permasalahanmu.

Ya, masalah. Setiap dari kita tentu pernah mengalami masalah atau persoalan di kehidupan masing-masing. Entah apakah itu masalah ekonomi, keluarga, rumah tangga, hutang dan lain-lain. Banyak orang yang dilanda berbagai masalah, namun mereka berusaha menyelesaikan menggunakan akal mereka yang kemampuannya sangat terbatas. 

Padahal sejatinya, sholat adalah sarana komunikasi umat Islam untuk mengadukan dan menyampaikan keluhannya kepada Allah SWT.  Jika kita merasa tidak mampu memecahkan masalah, maka tugas selanjutnya tinggal mengembalikan saja kepada Allah atau istilah lainnya, berserah diri (tawakkal) kepada-Nya. Telah disampaikan di Al-Qur'an surat Al-Baqarah (juz 2) ayat 153, berbunyi:

يٰٓاَيُّهَا الَّذِيْنَ اٰمَنُوا اسْتَعِيْنُوْا بِالصَّبْرِ وَالصَّلٰوةِ ۗ اِنَّ اللّٰهَ مَعَ الصّٰبِرِيْنَ

Terjemahan: "Wahai orang-orang yang beriman! Mohonlah pertolongan (kepada Allah) dengan sabar dan shalat. Sungguh, Allah beserta orang-orang yang sabar".


Oleh karena itu, janganlah berputus asa apabila kita dihadapkan pada masalah. Selama kita tidak meninggalkan Allah SWT, tetap memohon pertolongan kepada-Nya, menjalankan sholat dengan sabar dan penuh khusyuk, maka In Sya Allah masalah sesusah apapun akan mendapat solusi, aamiin ya rabbal alamin.

Sudahkah kamu sholat lima waktu?. (*)


Penulis dan pemilik blog: Alessandra Maura Raihanna

Terimakasih telah mengunjungi blog ini. Nantikan selalu update berita dari kami.