Hai, Aku Sandra! - Blog Karya Arek Suroboyo

Selasa, 30 Agustus 2022

Hai, Aku Sandra!

*Semua foto berasal dari dokumen pribadi


SURABAYA – Sebelum aku mengembangkan blog, yuk kenalan lebih dulu. Perkenalkan, aku Sandra si pemilik blog. Aku seorang murid di SMP Muhammadiyah 6 Surabaya, dan sedang menduduki bangku kelas 3 SMP.

Umurku sekarang, 15 tahun. Bisa dibilang, masa SMP adalah masa tersibuk dalam hidup ku. Aku cukup aktif dalam kegiatan-kegiatan di sekolah. Aku mengikuti organisasi Ikatan Pelajar Muhammadiyah atau IPM. Organisasi ini bisa dibilang semacam OSIS nya versi Muhammadiyah. Di IPM aku menjadi ketua bidang, lebih tepat nya bidang Pengkajian Ilmu Pengetahuan yang tugasnya mengurus dan mempromosikan sekolah lewat sosial media. 

Aku juga lumayan sering diikutkan lomba-lomba, salah satunya lomba yang sedang ku kerjakan sekarang, bernama Lomba Karya Ilmiah Remaja yang diselenggarakan oleh Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) dari lomba ini adalah membuat suatu penemuan baru atau menganalisis permasalahan alam yang sedang terjadi di Indonesia sehingga dapat berguna dan membantu kehidupan masyarakat. Tim lombaku membuat suatu inovasi yang berjudul "Low Cost Low Power Smart Portable Flood Detector berbasis Internet Of Things sebagai Sistem Peringatan Dini bencana banjir Kali Surabaya di Kecamatan Karangpilang". 

Ini merupakan semacam alat yang dapat mendeteksi ketinggian level permukaan air melalui sensor ultrasonik, dimana nanti nya jika level air telah mencapai daratan, maka alat ini akan memperingatkan masyarakat melalui suatu aplikasi bernama Blynk yang bisa di install oleh siapa saja. Alat pendeteksi banjir ini dibuat dengan bahan yang murah dan mudah didapat, serta tidak susah ketika dirakit dan digunakan oleh orang-orang nanti. Aku tidak mengerjakan lomba nya sendiri, tapi ada temanku juga sebagai leader. 


Lombanya cukup menguras waktu dan tenaga, sehingga kadang aku keteteran untuk menyelesaikan tugas sekolah atau kegiatan lainnya. Seringkali aku menangis dan curhat ke ayah. Beliau lah yang dapat menenangkanku. Ia yang selalu mendengarkan semua cerita ku dan memberi solusi. Beruntungnya aku punya ayah seperti beliau.

Untuk saat ini cukup sekian dulu saja. Tolong doakan aku semoga bisa sukses dan istiqomah selalu, aamiin ya rabbal alamin. Bye!. (*)


Penulis dan pemilik blog: Alessandra Maura Raihanna

Terimakasih telah mengunjungi blog ini. Nantikan selalu update berita dari kami.